STAY WITH US

Waktu Paling Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan

Waktu Paling Mustajab Berdoa di Bulan Ramadhan

Semua waktu setiap saat ketika kita memasuki bulan ramadhan adalah waktu mustajab berdoa, tapi waktu yang paling mustajab dan sangat tepat adalah:

1. Saat Sahur

"Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan" (QS. Adz Dzariyat:18)

2. Sepanjang dia berpuasa

"Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak:

  • orang yang berpuasa hingga ia berbuka
  • imam yang adil
  • orang-orang yang dizalimi" (HR Tirmidzi)

3. Saat berbuka

"Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka." (HR Ibnu Majah)

4. Sepertiga malam terakhir

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. kemudian berfirman: "Orang yang berdoa kepadaku akan Aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepadaku akan Aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni." (HR.Bukhari dan Muslim)

5. Saat malam lailatul qadr

"Aku bertanya kepada Rasulullah:
Wahai Rasulullah, menurutmu apa sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan Lailatul Qadr?
"Berdoalah:


Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa fu anni (Artinya Ya Allah Sesungguhnya engkau maha pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah)

6. Saat Adzan berkumandang

Rasulullah SAW bersabda:"Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang" (HR Abu Daud)

7. Diantara Adzan dan Iqomah

"Doa diantara adzan dan iqamah tidak tertolak" (HR.Tirmidzi)

Post a Comment

0 Comments