STAY WITH US

Tulisan Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad Arab

Bismillah, yuk kita perbanyak sholawat kita, Mari kita sibuk membaca shalawat terus di malam dan hari jumat dan tiap hari semoga kita sama2 mendepatkan syafat beliu di hari akhirat nanti ..amiin amiiin amiiin yaa robalalamiiin.



surat 33, Al Ahzab ayat 56, sebagai berikut :


Allah SWT berfirman:


اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓئِكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۗ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمً

Latin : “Innalloha wa malaaa`ikatahuu yusholluuna ‘alan-nabiyy, yaaa ayyuhallaziina aamanuu sholluu ‘alaihi wa sallimuu tasliimaa”

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Tulisan Arab Allahumma Salli Ala Sayyidina Muhammad Wa’ala Alihi Washahbihi Ajma’in

Tak kalah mashyurnya, sholawat yang satu ini juga sering kali dilantunkan oleh mereka yang mencintai Rasul dan seluruh sahabatnya. Sholawat ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, pada kalimat sholawat yang satu ini ada kata “Ajma’in”.

Tulisan Arab : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ

Latin : “Allahumma Sholli ‘ala Sayyidina Muhammad wa’ala Alihi Washohbihi Ajma’in”

Artinya : ” Ya Allah berikanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga beliau serta para sahabat beliau seluruhnya”.

Dengan kita melantunkan sholawat diatas, itu artinya kita berharap agar Allah Subhanahu wa ta’ala melimpahkan rahmat-Nya kepada seluruh keluarga dan seluruh sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW.

Tulisan Arab Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad

Lebih lengkap dibanding bacaan sholawat yang pertama dan sedikit ada perbedaan arti dengan sholawat yang kedua dan ketiga, yang mana sholawat ini hanya di tujukan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya saja. Berikut ini tulisan arab, latin dan artinya :

Tulisan Arab : اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Latin : “Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi Sayyidina Muhammad”

Artinya : “Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad dan juga kepada keluarga Nabi Muhammad”.

Fadhilah dan Faedah Sholawat Nabi

Selain kita sudah melakukan perintah untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SWT seperti yang telah tertulis di dalam Al-qur’an Surat 33, Al Ahzab ayat 56, kita juga tentunya akan mendapat keutamaan atau fadhilah dari sholawat yang kita baca itu sendiri. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat hadist berikut ini

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ


“Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bersholawat kepadanya sepuluh sholawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.”

(HR. An Nasa’i).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah menegaskan bahawasannya beliau akan memberi syafaat kepada umatnya yang senantisa memperbanyak bersholawat kepadanya, sebagaimana tercantum di dalam hadist di bawah ini :

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

“Orang yang paling berhak mendapatkan syafa’atku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku”

(HR. Tirmidzi).

Sebenarnya masih banyak keutaman bersholawat kepada Nabi Muhammad Sholallahu A’layhi Wassalam, maka dari kita bersama-sama memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga (ahlul bait) dan juga kepada para sahabatnya.

Bismillah, yuk kita perbanyak sholawat kita, Mari kita sibuk membaca shalawat terus di malam dan hari jumat dan tiap hari semoga kita sama2 mendepatkan syafat beliu di hari akhirat nanti ..amiin amiiin amiiin yaa robalalamiiin.

Post a Comment

0 Comments