STAY WITH US

Kisah Islami Umar bin Khattab Menangis ketika Rasulullah tidur beralaskan Tikar

 


 Abdullah bin Mas'ud menuturkan bahwa ia pernah melihat Rasulullah ﷺ tidur di atas tikar sampai membekas punggung Nabi. Ketika Rasulullah ﷺ bangun, Abdullah bin Mas'ud mengusap punggung Nabi ﷺ dan berkata: “Wahai Rasulullah, bolehkah saya mengambil hamparan di atas tembikar ini untuk menjaga badan Rasul?”.

Rasulullah ﷺ pun menjawab: “Apalah artinya dunia bagiku? Aku di dunia ini tidak lebih dari seorang yang sedang berteduh di bawah pohon, kemudian pergi meninggalkan pohon itu,”.

Sementara itu Sayyidina Umar bin Khattab menangis saat meilhat Rasulullah ﷺ tidur di atas tempat tidur yang seperti itu. Ketika melihat tangisan Sayyidina Umar, Rasulullah pun bertanya: “Mengapa engkau menangis, Wahai Umar?”.

Sayyidina Umar pun menjawab: “Saya teringat Kisra (raja Persia) dan Kaisar (raja Romawi). Anda adalah Nabi Allah, tidur di tempat seperti itu. Sementara mereka tidur di atas ranjang-ranjang emas, dan pakaian mereka adalah kain-kain sutera yang bagus,”.

Mendengar hal ini, Rasulullah ﷺ kemudian berkata: “Wahai Umar, apakah kamu tidak rela jika mereka hanya memperoleh hal itu di dunia saja, sementara nanti akhirat hanya akan menjadi milik kita?”

Post a Comment

0 Comments